Menuju Porsenitas Ke-X Kunci Bersama, Bupati Herdiat Targetkan Ciamis Peroleh Juara Umum Kembali

Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya Lepas Kontingen Kabupaten Ciamis dalam even Pekan Olahraga, Lomba Seni dan Gelar Produk Unggulan Daerah Perbatasan pada Porsenitas ke-X Kunci bersama di Kabupaten Majalengka.

Pelepasan dilaksanakan secara bersamaan dengan apel pagi di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, pada Senin (06/06/2023). Kegiatan Porsenitas ke-X dengan peserta terdiri dari Kabupaten/Kota perbatasan diantanya Kab. Ciamis, Kota Banjar, Kab. Brebes, Kab. Cilacap, Kab. Kuningan, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Pangandaran dan Kbupaten Majalengka selaku tuan rumah, dan Pelaksanaan Porsenitas akan digelar pada 6 sampai 10 Juni 2023.

Kontingen Kabupaten Ciamis memberangkatkan 99 Orang dengan komposisi 76 Orang Atlet, 10 Pelatih dan 13 Orang Oficial yang merupakan para ASN PNS dan P3K, adapun mendali yang diperebutkan terdiri dari 42 Emas, 42 Perak dan 84 Perunggu.

Bupati Herdiat dalam sambutannya mengatakan bawa beberapa tahun kebelakang Pemkab Ciamis selalu menorehkan prestasi terbaik dalam ajang porsenitas.

“Mudah-mudahan tahun 2023 kembali memperoleh hasil yang yangterbaik, dan mampu kembali menjadi Juara Umum,” Kata Bupati Herdiat.

 

Beliau juga berharap dalam personitas kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan, walaupun para atlet yang berangkat masing-masingh memiliki kesibukan.

“semoga diberikan kelancaran pada porsenitas kali ini, walaupun saya tau Bapa-Ibu semuanya memiliki kesibukan yang luar biasa baik pribadi ataupun di intansinya masing-masing,” Katanya.

“Apalagi kita sedang melaksanakan rangkaian menuju hari jadi Kabupaten Ciamis ke-381,” Imbuhnya.

Bupati herdiat berpesan kepada para atlet agar menjaga keselamatan pribadi dan rombongan.

“Selalu waspada, jaga keselamatan masing-masing dan rombongan,” Pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Ciamis Dr. H. Tatang selaku ketua kontingen Kabupaten Ciamis mengatakan bahwa kegiatan porsenitas ke-X tersebut bertujuan sebagai upaya membentuk Embrio terbangunnya kerjasama antar Daerarah perbatasan.

“dan menbangun sarana komunikasi dan informasi daerah perbatasan dalam meningkatkan tarap kehidupan berbangsa dan bernegara,” Imbuh Sekda Ciamis.

Kemudian beliau juga menerangkan dari Kontingen kabupaten ciamis mwngikuti 30 Nomor pertandingan dari dari 42 Nomor pertandingan dengan keterangan sebagai berikut :
1. Olahraga Wajib

• Bulutangkis Pa/Pi
• Catur Beregu
• Tenis Lapang Bere Gu
• Tenis Meja
• Bola Voly Indoor Putra

2. Olahraga Pilihan

• Bola Basket Putra
• Bola Voly Pantai Pa/Pi
• Bola Basket Putra
• Biliar Putra
3. Olahraga Tradisional
• Terumpah Panjang Pa/Pi
• Hadang Putri

Sementara untuk lomba seni pertunjukan, Sekda Ciamis menyebutkan bahwa Kontingen Ciamis akan menampilkan Drama Tari Ritus Sarakan Pangbalikan.

 

Sedangkan untuk Kirab Budaya Kontingan Kabupaten Ciamis Akan Menampilkan Helaran Seni Mabokuy.

Share Berita